Rekening Tabungan

No comment 392 views

rekening tabungan

Pembukaan tabungan masyarakat dapat dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku dan dapat dibuka berdasarkan permintaan perorangan, gabungan (lebih dari satu orang) dengan kedudukan yang setara atau badan. Pembukaan tabungan tersebut dapat dilakukan oleh nasabah dengan memenuhi beberapa hal.

Syarat Pembukaan Rekening Tabungan

  1. Melakukan setoran awal untuk pembukaan rekening dalam jumlah minimal yang ditentukan oleh suatu bank.
  2. Melengkapi formulir pembukaan tabungan disertai dengan dokumen yang diperlukan.
  3. Membayar biaya administrasi yang telah ditentukan oleh bank

Dengan ungkapan lain dapat dikatakan bahwa tabungan merupakan simpanan uang di bank yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat tertentu. Umumnya, bank akan memberikan buku tabungan yang berisi informasi seluruh transaksi yang dilakukan nasabah dan kartu ATM lengkap dengan nomor  pribadi (PIN).

Keuntungan yang diperoleh nasabah dengan menabung di Bank, antara lain:

  1. Aman, karena uang disimpan dengan aman di Bank, tidak mudah dicuri maupun tercecer.
  2. Terjamin, karena terdapat kemuydahan layanan perbankan elektronik 24 jam per hari antara lain ATM, SMS Banking, Mobile Banking, Internet Banking, Phone Banking dan Call Center.
  3. Hemat, karena jika sudah terbiasa menabung, nasabah dapat menyisihkan uang dan terhindar dari kebiasaan membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan.
  4. Berkembang, karena bank memberikan bunga yang dihitung berdasarkan saldo tabungan. Adapaun bagaimana menghitung bunga tabungan dapat dilihat melalui materi perhitungan bunga tabungan.
  5. Kemudahan dan kenyamanan berbelanja di merchant
  6. Kemudahan transaksi pembayaran tagihan dan pembelian (ATM sebagai kartu Debet)
  7. Program marketing seperti undian atau sistem poin
  8. Layanan Autodebet, Layanan autodebet membantu dalam melakukan pembayaran berbagai tagihan rutin bulanan, seperti air, listrik, telepon, handphone, kartu kredit atau tagihan lainnya secara otomatis setiap bulannya sehingga Anda terhindar dari tunggakan tagihan.
  9. Layanan Automatic Fund Transfer (AFT), Layanan AFT menjadikan hidup lebih nyaman karena membantu dalam melakukan transfer dana rutin secara otomatis kepada keluarga atau mitra bisnis sehingga tidak perlu khawatir kewajiban akan terlupakan.

 

Sarana Penarikan Rekening Tabungan :

  1.     Buku Tabungan
  2.     Slip penarikan
  3.     ATM (Anjungan Tunai Mandiri)
  4.     Sarana lainnya (Formulir Transfer, Internet Banking, Mobile Banking, dll)


Perhitungan bunga tabungan secara umum menggunakan tiga metode yaitu berdasarkan saldo terendah, saldo rata-rata dan saldo harian. Beberapa bank menerapkan jumlah hari dalam satu tahun 365 hari, namun adapula yang menerapkan jumlah hari bunga 360 hari :

  1. Metode Saldo Terendah Besarnya bunga tabungan dihitung dari jumlah saldo terendah pada bulan laporan dikalikan dengan suku bunga per tahun kemudian dikalikan dengan jumlah hari pada bulan laporan dan dibagi dengan jumlah hari dalam satu tahun. Misalnya untuk menghitung bunga pada bulan Mei, maka besarnya bunga dihitung : Bunga tabungan = .... % * 31/365 * saldo terendah pada bulan Mei
  2. Metode Perhitungan Bunga Berdasarkan Saldo Rata-rata Pada metode ini, bunga dalam satu bulan dihitung berdasarkan saldo rata-rata dalam bulan berjalan. Saldo rata-rata dihitung berdasarkan jumlah saldo akhir tabungan setiap hari dalam bulan berjalan, dibagi dengan jumlah hari dalam bulan tersebut.
  3. Metode Perhitungan Bunga Berdasarkan Saldo Harian Pada metode ini bunga dihitung dari saldo harian. Bunga tabungan dalam bulan berjalan dihitung dengan menjumlahkan hasil perhitungan bunga setiap harinya.


Faktor-faktor tingkat Tabungan

  1.     Tinggi rendahnya pendapatan masyarakat
  2.     Tinggi rendahnya suku bunga bank
  3.     adanya tingkat kepercayaan terhadap bank

Hal-hal yang perlu diperhatikan :

  1.     Sebelum Anda menabung, tanyakan metode perhitungan bunga yang diberlakukan oleh bank tersebut.
  2.     Suku bunga tabungan dapat berubah sewaktuwaktu,karena itu suku bunga ini disebut suku bunga mengambang atau floating rate.
  3.     Beberapa bank menetapkan suku bunga tabungan tetap untuk jangka waktu tertentu (fixed rate).
  4.     Atas bunga tabungan yang diperoleh akan dikenakan pajak sesuai ketentuan berlaku.

Pada perkembangannya tabungan berevolusi menjadi jenis-jenis yang lebih spesifik dengan fitur yang disesuaikan kebutuhan, beberapa turunan tabungan yang saat ini dikenal masyarakat diantaranya:

  1. Tabungan Rupiah
  2. Tabungan Karyawan  & Pelajar
  3. Tabungan Bisnis
  4. Tabungan  TKI
  5. Tabungan Rencana
  6. Tabungan Haji
  7. Tabungan Valuta Asing
  8. Tabunganku
  9. Tabungan Logam Mulia
  10. Tabungan Syariah
  11. Dan lain sebagainya