Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Memikat

No comment 365 views

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Memikat

cara membuat surat lamaran kerja

1. Pastikan hanya 1 Halaman
Surat lamaran kerja sebaiknya tidak lebih dari 1 halaman, jika lebih dari itu interviewer akan kehilangan ketertarikannya.
Buat maksimum lima paragrap saja
Gunakan kata-kata yang simple
2. Penulisan tujuan dengan Nama HRD manager nya jika memungkinkan, lalu diikuti nama perusahaan dan alamat.
Jangan Menulis Dear/Sir Madam, Tuan, usahakan jika anda tidak tahu, luangkan waktu untuk mendapatkan informasi tersebut.
3. Layout
Pembukaan : Sertakan nama Anda, alamat, tanggal, nama yang dituju dan alamat perusahaan. Gunakan salam yang benar serta judul.
Perkenalan : Infokan posisi yang anda inginkan, cabang mana yang anda inginkan (jika anda sudah tahu posisi yang kosong), sumber dan tanggal anda mendapatkan informasi lowongan.
Isi : Titik beratkan kenapa anda sangat tepat dengan posisi yang dibutuhkan. Tulis secara singkat pendidikan, pengalaman kerja sebelumnya dan kemampuan anda. Nyatakan ketertarikan anda pada perusahaan dan alasan anda melamar pada posisi tersebut.

Permintaan untuk tindakan lebih lanjut - Tuliskan bahwa Anda berharap untuk menerima panggilan untuk wawancara. Nyatakan bahwa Anda bersedia untuk menghadiri wawancara. Akhiri dengan berterima kasih untuk waktu dan kesempatan yang yang diberikan.

Dalam beberapa hal , berburu pekerjaan seperti berjalan diatas tali. Langkah yang salah bisa membuat anda jatuh, tetapi terlalu berhati-hati justru membuat kehilangan kesempatan.

Surat lamaran sama seperti memberi sesuatu pada gadis yang anda kagumi. Hadiah yang tepat akan membuat si gadis jadi milik anda.
Secara khusus , fungsi surat lamaran pekerjaan adalah:   

  1. Mengungkapkan info yang membutuhkan penjelasan lebih detail ( seperti mengapa Anda berpindah pekerjaan, seberapa tertariknya anda dengan pekerjaan yang dilamar , dll ) .
  2. Merupaka strategy marketing untuk menjelaskan CV ( menyorot keterampilan yang relevan , bakat dan pengalaman yang mungkin terkubur dalam resume Anda ) .
  3. Berikan informasi singkat yang menarik dari diri anda ( " sehingga terdengar seperti seseorang yang tepat untuk diwawancara " ) .

Beberapa hal lain yang harus diperhatikan dalam surat lamaran pekerjaan:

Panjang dan pendek surat lamaran pekerjaan:
Surat lamaran itu harus seperti iklan TV : Mereka harus menarik perhatian , menjual produk ( Anda ) dan berlama-lama di dalam memori - dan mereka harus melakukan ini hanya dalam 30 detik . Jadi pastika surat lamaran kerja antara tiga dan lima paragraf , tidak lebih dari tiga kalimat masing-masing . Jika menggunakan kertas , pastikan hanya satu halaman . Untuk versi diemail , tidak melebihi satu layar .

Halo, orang asing !
Bagaimana perasaan Anda jika Anda ditujukan sebagai " Dear Sir / Madam , " atau " Untuk Siapa ini menjadi perhatian " ? Penulisan tujuan dengan Nama HRD manager nya jika memungkinkan, lalu diikuti nama perusahaan dan alamat. Luangkan waktu untuk mendapatkan informasi tersebut.

Sesuaikan!!!
Jangan mengirim surat yang sama ke semua perusahaan. Pastikan surat lamaran Anda cocok dengan kriteria yang dibutuhkan perusahaan secara sempurna . Cari tahu kekuatan tertentu pada diri anda yang memang dibutuhkan perusahaan. Misal jika perusahaan membutuhkan alanyst maka tonjolkan bahwa anda orang yang teliti, pandai dalam mengolah data, sedangkan jika yang dibutuhkan customer service, tonjolkan kemampuan ada dalam berkomunikasi.

Menulis dengan benar .
Perhatikan tata bahasa yang digunakan, ejaan, penggunaan huruf besar kecil dan tanda baca, dll. Pastikan tidak ada kesalahan baik pada surat lamaran kerja maupu pada resume.

Katakanlah dengan benar .
Ini adalah hal yang paling sulit. Bagaimana mempromosikan anda lewat surat tanpa ada kebohongan. Disinilah seninya.

Jadi bagaimana Anda tahu apakah surat lamaran Anda telah mencapai tujuannya ? Justru ketika itu berhasil membuat orang lain terkesan, bukan anda.